Kotak Pencarian

Minggu, 09 September 2012

Keajaiban Dibalik Manisnya Madu

| |

Siapa yang tidak kenal lebah? Semua orang pasti mengenal hewan ini. Lebah hidup dalam suatu koloni yang terdiri dari tiga kasta, yaitu lebah ratu yang merupakan induk dari semua lebah dalam koloni itu (dalam satu koloni hanya ada satu lebah ratu), lebah betina yang dikenal sebagai lebah pekerja yang jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu, dan lebah jantan yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan lebah pekerja (hanya sekitar ratusan ekor saja). Koloni lebah ini hidup dalam sarang yang berbentuk heksagonal (dikenal dengan nama propolis), biasanya lebah membangun sarangnya diatas pohon atau di bukit-bukit. Di dunia ini terdapat sekitar 20.000 spesies lebah yang di hidup di berbagai benua. Dari 20.000 spesies ini kita mengenal lebah madu. Lebah madu adalah lebah yang menghasilkan madu dari nektar bunga yang dihisapnya.

Madu adalah cairan kental yang rasanya sangat manis dan mengandung manfaat yang sangat banyak juga. Madu dihasilkan dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah pengumpul dan disimpan dalam sel madu yang terbuka. Lama kelamaan nektar ini akan menguap sehingga terbentuklah cairan kental manis yang kita kenal sebagai madu.

Kandungan gizi dalam madu sangatlah banyak. Madu mengandung air, karbohidrat, protein, vitamin, asam amino, dan mineral. Oleh karena itu manusia sering memanfaatkan madu sebagai obat berbagai penyakit, mulai dari penyakit yang ringan seperti maag hingga penyakit yang cukup kronis seperti penyakit jantung. Rasa manis pada madu berasal dari zat gizi utamanya yaitu gula dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Madu juga mengandung berbagai enzim, diantaranya diastase, invertase, katalase, peroksidase, dan lipase.

Madu juga bermanfaat untuk kecantikan, diantaranya sebagai antiseptik untuk mengatasi jerawat, menjaga kelembutan kulit, mencegah kerontokan rambut, mencegah penuaan, dan masih banyak lagi. Selain itu madu juga dapat digunakan untuk mengobati luka seperti luka bakar. Pada luka bakar madu akan membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka yang permanen.

Manfaat lain dari madu adalah memperlancar proses pencernaan karena madu mudah diserap, dapat mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi, meskipun madu sangat manis tetapi kandungan kalorinya lebih rendah bila dibandingkan dengan gula yang lain, membantu pembentukan sel darah, dapat menenangkan saat kita sedang gugup, menyembuhkan alergi, pengganti gula yang sehat, membersihkan darah dan usus besar, serta mengurangi lemak. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu, tidak heran setiap orang menyukai si kental manis yang satu ini. Selain rasanya yang enak dan manfaatnya yang tak terhingga, madu dinilai lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan lain yang mengandung berbagai macam bahan-bahan kimia.

Di dalam Al-Qur’an Allah berfirman tentang khasiat madu:
“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (Qs An-Nahl:69)
Selain ayat Al-Qur’an tersebut, terdapat pula hadits shahih Rasulullah SAW yang mengungkapkan tentang khasiat madu sebagai obat, yaitu sebagai berikut:
Dari Ibnu Abbas R.A. dari Rasulullah S.A.W. : ”Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal : berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu”. HR. Shahih Bukhari.
Maha Suci Allah yang telah menciptakan lebah yang dapat menghasilkan madu dengan manfaatnya yang tak terhingga bagi manusia.

0 komentar:

top

Posting Komentar

Pages


Welcome to my blog!! Please enjoy
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

TikTokTikTok

die Kalender

 
 

Honey Bee | Designed by: Compartidísimo
Images by: Scrappingmar©